Sa’id bin Jubair adalah seorang tabi’in yang lahir pada tahun 46 H. Nama lengkapnya adalah Abu Muhammad (atau Abu Abdillah) Sa’id bin Jubair bin Hisyam al-Asadi al-Walibi. Seorang tabi’in yang berasal dari Habasyah (sekarang Ethiopia). Berkulit hitam, namun berperilaku putih (baik). Beliau adalah salah seorang tabi’in senior dan pelopor keilmuan tafsir, hadis, dan fiqih. Otoritas qira’at dan tafsir beliau pelajari dan dengar langsung dari tarjumanu al-qur’an Abdullah bin Abbas.
Beliau juga mengumpulkan dan membaca berbagai ragam bacaan al-Qur’an dari para sahabat, seperti kisah yang diriwayatkan oleh Isma’il bin Abdul Malik Abi al-Shufira’, “Sa’id bin Jubair, ketika bulan Ramadan membaca al-Qur’an dengan berbagai riwayat. Di satu malam beliau membaca al-Qur’an dengan bacaan Abdullah bin Mas’ud, di malam berikutnya beliau membaca al-Qur’an dengan bacaan Zaid bin Tsabit, dan di malam-malam setelah itu beliau membaca al-Qur’an dengan bacaan yang lainnya”.
Dari beragam qira’at yang beliau pelajari dan praktikkan dari para sahabat ini, tidak mengherankan jika beliau memiliki kemampuan dan pengetahuan yang sangat luas dalam mengetahui rahasia-rahasia makna yang ada di dalam al-Qur’an. Namun telah masyhur jika beliau adalah orang yang menahan diri dalam memberikan pendapat pribadinya dalam tafsir al-Qur’an.
Seperti yang telah disampaikan oleh Ibn Kholkan “ada salah seorang yang meminta Sa’id bin Jubair untuk menuliskan tafsir al-Qur’an, kemudian beliau merasa kurang suka, dan berkata ‘Sesungguhnya, seandainya ada keburukan menimpa pada diriku, maka hal tersebut lebih aku sukai daripada hal tersebut (menafsirkan al-Qur’an)’”.
Sa’id bin Jubair telah mempelajari seluruh keilmuan sahabat-sahabatnya dari para tabi’in, dan mengetahui potensi keilmuan apa saja yang dimiliki oleh para sahabatnya. Khusaif berkata “terdapat beberapa pakar keilmuan dari kalangan tabi’in; Sa’id bin Musayyab adalah pakar tentang hukum talak, Atha’ adalah pakar dalam haji, Thawus adalah pakar perihal halal-haram, lalu Abu al-Hajjaj Mujahid bin Jabar adalah pakar dari tafsir. Kemudian kesemua keilmuan itu terkumpul menjadi satu dalam diri Sa’id bin Jubair.”
Legitimasi keilmuan yang beliau miliki diakui oleh gurunya (Abdullah bin Abbas). Abdullah bin Abbas merekomendasikan Sa’id bin Jubair ketika ada orang-orang (khususnya orang yang datang dari Kufah) yang bertanya tentang sesuatu kepada beliau. Ketika beliau wafat, maka tidak ada yang ditinggalkan di atas bumi ini kecuali keilmuan yang beliau miliki. Sebagian ulama mengatakan jika beliau lebih utama dan lebih dahulu dalam hal keilmuan daripada para tabi’in yang lain.
Ulama jarh wa ta’dil telah mendokumentasikan perihal Sa’id bin Jubair. Abu al-Qasim at-Thabari mengatakan jika beliau adalah seorang yang kuat hafalannya, kuat dalilnya, dan pemimpin orang-orang Islam. Ibnu Hibban berkata jika beliau adalah seorang yang taat beribadah, memiliki keutamaan, dan wira’i. Beliau telah disepakati oleh para rawi dari kitab-kitab hadis yang-6 (kutubu as-sittah). Beliau wafat pada tahun 95 H dalam usia 49 tahun.
Referensi:
at-Tafsir wa al-Mufassirun Jilid 1 Halaman 78-79
Oleh : Muhammad Ainun Na'im, Mahasiswa IQT IAIN Kudus
0 Komentar